Translate

Translate

Rabu, 29 Agustus 2012

Suzuki Ertiga VS Nissan Grand Livina 1.5

Belum lama ini Suzuki mengeluarkan MPV terbarunya yang bernama Ertiga, sekilas memang Suzuki Ertiga nampak seperti Suzuki Splash namun dengan dimensi yang lebih besar. Namun munculnya Ertiga ini kemudian mulai dibanding-bandingkan dengan rival-rival sekelasnya. Nah bagi yang mencari MPV dengan kenyamanan yang dapat dibilang bagus Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina patut menjadi pertimbangan. Oke, sekarang saya lanjut ke bagian pembandingan
1. Kenyamanan Tempat Duduk
Kenyamanan tempat duduk memang menjadi poin tersendiri bagi kendaraan anda, mengingat sebagian besar perjalanan anda dihabiskan di atas tempat duduk, lalu tempat duduk manakah yang lebih nyaman? baik Suzuki Ertiga maupun Nissan Grand Livina dapat memberi tempat duduk yang nyaman bagi penumpang dan pengendaranya, meskipun settingan kedua mobil ini berbeda (Ertiga lebih ke MPV sedangkan Grand Livina lebih ke sedan). Namun Ertiga mendapatkan poin plus karena ketebalan busa yang lebih tebal dan lebih membalut ke tubuh dibandingkan Grand Livina, inilah poin yang memenangkan Ertiga.
2. Mesin
Mesin merupakan salah satu yang terpenting juga bagi sebuah kendaraan. Nah sudah jelas kalau disini Grand Livina lebih unggul dibanding Ertiga, Grand Livina dapat mengkonsumsi BBM lebih irit dibanding Ertiga dan perfomanya juga lebih unggul dibanding Ertiga. So disini Grand Livina dinyatakan lebih unggul.
3. AC/Pendingin Udara
Selama anda berkendara di cuaca yang panas pastilah anda sangat membutuhkan pendingin udara, dan pendingin udara ini juga yang akan membuat anda semakin nyaman dan betah berada di dalam mobil itu. Dari kedua mobil yang dibandingkan, dapat disimpulkan bahwa Grand Livina lah yang mengungguli di bagian ini, dengan hembusan AC depan yang terasa sampai belakang ditambah AC kecil yang berada di tengah membuat Grand Livina lebih dingin dibandingkan Ertiga. Apalagi Ertiga memiliki minus double blower, maksudnya di Suzuki Ertiga hanya dapat ditemui AC di depan saja dan hembusannya kurang terasa hingga ke belakang.
4. Suspensi
Suspensi merupakan bagian yang penting dalam kenyamanan sebuah kendaraan. Dalam penilaian suspensi Ertiga terasa lebih empuk dibandingkan Grand Livina, so udah tau kan mana yang lebih baik.
5. Tempat Duduk Baris Ke Tiga
Bagian ini tidak begitu vital bagi sebuah MPV namun patut dipertimbangkan juga dalam memilih mobil MPV, karena jika anda ingin mengisi mobil anda dengan 7 penumpang maka tempat duduk baris ketiga ini sangatlah berarti. Nah menurut saya Grand Livina lebih unggul karena leg room baris ketiga dan lebar baris ketiga yang tidak sesempit Ertiga, Ertiga memiliki leg room yang lebih sempit dibandingkan Grand Livina. Namun jika anda hanya akan mengisi mobil dengan 5 orang penumpang ini bukan menjadi suatu masalah.

Dari 5 hal tadi anda dapat menilai sendiri mana yang cocok untuk anda mengingat harganya yang sama-sama dibawah Rp 200 juta. Saya hanya bisa memberi informasi untuk pembaca, untuk mana yang lebih bagus silakan pembaca menilai sendiri karena mobil itu juga selera masing-masing. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi dealer terdekat dan jangan sungkan untuk melakukan test drive. Sekian artikel yang saya tulis semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. kayaknya livina lebih bagus gan....

    BalasHapus
  2. Kayaknya banyak nilai GL yang tidak disampaikan disini...kalau mau jujur GL banyak plusnya di banding R3, dari material body yang lebih tebal, kesenyapan cabin dan suspensinya lebih lembut dibanding R3.

    BalasHapus